Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Thursday 20 September 2018

Rounaqil Majaalis

Dimana ada kisah seorang lelaki yang kehilangan beberapa barangnya (jawaaliq), ia lupa siapa yang mengambil. Ketika shalat ia ingat siapa yang mengambil, dan setelah salam memerintahkan pelayannya untuk mengambil barang itu,

inspirasi,motivasi,islam

"Kapan kamu ingat, tuan." Tanya pelayan.
"Ketika aku shalat".

Kata pelayan, "Wahai tuan, engkau adalah orang yang mencari barang itu, bukan mencari Tuhan".

Dengar ucapan si budak, budak tersebut dibebaskan oleh tuannya berkat keyakinannya yang kuat.

Memang seharusnya orang berakal mau meninggalkan urusan duniawi, kemudian mengabdi kepada Allah SWT dan memikirkan masa depan kelak di akherat. Allah SWT sudah berfirman :

"Barang siapa yang menghendaki tanaman (pahala) akherat akan Kami tambah-tambah pahalanya. Dan barangsiapa yang menghendaki tanaman dunia. Kamipun akan memberikan kepadanya tapi tak ada bagian untuk di akherat." (QS.42 Asy-Syura :20).

Maksud tanaman dunia misalnya pakaian atau makanan. Dan tanaman akherat bekalnya ialah menanam rasa cinta di hati mengenai akherat.

Dasar ini sehingga Abu Bakar Ash Shidiq pernah shadaqoh kepada Nabi Muhammad saw. 40.000 dirham secara sembunyi-sembunyi, dan 40.000 dirham secara terang-terangan, sehingga hartanya sedikitpun tidak tersisa.

Keluarga Nabi Muhammad saw dan Nabi Muhammad saw sendiri adalah orang yang tidak mencintai kelezatan dan kesenangan dunia. Lihatlah pelaminan putri Fatimah Az Zahro' sewaktu Nabi Muhammad saw menikahkan dia dengan Ali hanya berasal dari kulit domba yang sudah disamak (dicuci), berikut bantal kulit binatang yang sudah diberi 'Laif' ( sebangsa serabut akar-akaran).

sumber : Imam Ghazali

No comments:

Post a Comment