Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 24 September 2018

Bantahan Iblis...???

Diriwayatkan ; sesungguhnya iblis memiliki nama-nama; di langit dunia bernama Abid (ahli ibadah), langit kedua bernama Zahid (ahli zuhud), langit ketiga bernama Al'Arif ( yang ma'rifat), langit keempat namanya Al Waali (kekasih), dilangit kelima namanya At Taqoo (ahli taqwa), langit ke enam namanya Al Khoozin (bendahara), di langit ketujuh namanya 'Azaaziil dan di Luhmahfudz namanya "Iblis", dikarenakan lalai akibat dari perintah-Nya, dimana Allah SWT memerintah sujud kepada Nabi Adam as justru ia membantah ; "Apakah tidak lebih utama aku daripada dia ! Engkau jadikan aku dari api dan dijadikan dari tanah."

islam,inspirasi,motivasi
Ilustrasi

Allah SWT berfirman ; "AKU melakukan sesuatu sesuai yang KU kehendaki."

Iblis berpendapat bahwa dirinya lebih mulia dibanding Nabi Adam as. Ia berdiri membelakangi Adam karena berbangga diri dan sombong, ia hanya berdiri, sementara para malaikat sujud pada Nabi Adam as amat lama. ketika mereka bangkit dari sujud, iblis tetap berdiri, kemudian mereka sujud yang kedua dengan sujud syukur. Ia tetap berdiri dan berpaling amat berbangga diri dan tanpa menyesal sedikitpun. Kemudian Allah SWT merubah bentuk wajah iblis yang mulanya indah berubah menjadi wajah babi hutan ; kepalanya seperti unta, dadanya seperti punuk unta besar, wajahnya antara dada dan kepala seperti kera, kedua matanya melotot seluas wajahnya, lubang hidungnya lebar seperti alat bekam, bibirnya seperti bibir lembu, taringnya seperti babi hutan dan janggutnya hanya ditumbuhi tujuh helai rambut. 

Kemudian Allah SWT mengusirnya dari surga, dari langit, dari bumi dan dari semua wilayah. Ia tidak bisa masuk bumi kecuali secara tersembunyi, dan dilaknati sampai hari kiamat.

Sekarang berpikirlah, dulu ia mahluk yang cemerlang, tampan,bersayap empat,pandai dan ahli ibadah, yang menjadi kebanggan dan pemimpin para malaikat. Namun semuanya tidak menjadi jaminan (menjadi mahluk terbaik), dimana di dalamnya terselip satu pelajaran bagi mahluk lainnya.

Ada atsar menyebutkan ; ketika Allah mencerca iblis, menangislah malaikat Jibril dan Mikali. Allah SWT berfirman :

" Apa yang menjadi kalian menangis !."
"Kamipun tidak luput dari tipudayamu." Jawab mereka.
Allah SWT berfirman : "Demikianlah, adakah kalian merasa tidak aman dari-Ku !."


Sumber : Imam Ghazali

No comments:

Post a Comment