Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 25 April 2016

Online CARTENZA BOOKSTORE & Taman Bacaan


Ringkasan Eksekutif

Semakin besarnya minat masyarakat untuk membaca buku, maka semakin banyak juga penerbit - penerbit yang menerbitkan buku-buku barunya, baik fiksi, nonfiksi, komik, dan lain-lainnya. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak dapat atau tidak sanggup membeli buku bacaan disebabkan tingginya harga buku. Selain itu, terlalu banyaknya buku, novel, dan komik yang terbit serta beredar menjadi alasan mereka keberatan dan membeli buku yang hanya akan sekali dibaca itu. Disebabkan fenomena inilah muncul peluang usaha penyewaan buku atau taman bacaan ( rental buku ). Fenomena ini tak hanya memberikan fasilitas bagi mereka yang suka membaca tanpa keluar banyak uang, tetapi juga memberi peluang usaha untuk yang memiliki buku "menganggur" untuk disewakan. Oleh karena itu Taman bacaan merupakan prospek bisnis yang menjanjikan apalagi bila mempunyai lokasi yang berdekatan dengan berbagai sekolah karena dengan banyaknya murid sekolah, kita juga akan   memiliki peluang lebih untuk  dapat merekrut anggota lebih banyak, juga dari orang tua murid (terutama ibu-ibu). Selain Taman Bacaan, penulis juga akan membuka sebuah toko buku online yang melayani permintaan pembelian buku impor bekas.

bisnis palnning, business planning

Gambaran pasar
Untuk memperluas pangsa pasarnya, taman bacaan Cartenza juga menerima orderan (pesanan) via email dan jejaring sosial seperti facebook bagi produk yang dijual Online Cartenza Bookstore. Akan tetapi dalam hal pemesanan via  email maupun facebook mempunyai batas waktu dalam pemesanan, agar tidak terjadi kecurangan.Gambaran pasar digunakan untuk melihat unit serta jenis produk yang dihasilkan, dengan adanya gambaran pasar, sebuah bisnis akan lebih mudah untuk menawarkan produknya kepada konsumen, sebab gambaran pasar dapat membantu pengusaha didalam melihat produk dan jumlah produk yang dihasilkan dari bisnisnya. Gambaran pasar sangat diperlukan didalam melakukan sebuah perencanaan bisnis, karena gambaran pasar mampu menganalisis jumlah permintaan dan penawaran produk yang dihasilkan sehingga tidak terjadi lonjakan produk yang mengakibatkan kerugian bagi pengusaha. Jika terjadi lonjakan produk yang cukup besar, serta permintaan terhadap produk tersebut tidak sesuai dengan yang dihasilkan, maka pengusaha akan mendapat kerugian yang cukup besar didalam produksinya, oleh sebab itu gambaran pasar sangat berpengaruh didalam sebuah bisnis apapun, sebab dengan gambaran pasar jumlah serta jenis produk yang dihasilkan dapat terkontrol dengan baik sehingga tidak ada kerugian dalam sebuah bisnis.

Target atau Segmen Pasar yang dituju

Target pasar bagi taman bacaan yang paling menjanjikan adalah kalangan murid sekolah,  mahasiswa, karyawati, ibu-ibu dan para penggemar fiksi, komik, manga dan majalah. Pemilihan target pasar menjadi pertimbangan penting dalam menyediakan buku-buku yang akan disediakan untuk disewa nanti dan menentukan lokasi usaha. Bila targetnya merupakan murid sekolah, ibu-ibu penunggu anak yang sedang sekolah, maupun karyawati, lokasi yang strategis adalah didekat sekolah atau kawasan belanja yang tentu akan lebih menguntungkan. Jalan Pasundan termasuk lokasi strategis karena terletak berdekatan dengan berbagai sekolah, diantaranya Sekolah Dasar Assalaam, SMP Assalaam, SMPN 43 Bandung, SMU Pasundan 1 Bandung, Sekolah Kristen Rehoboth, SMP Pasundan 1, dan SMP Pasundan 2, juga berdekatan dengan pusat perbelanjaan Yogya Kepatihan dan Matahari.

Tujuan dari segmen pasar ini adalah untuk menentukan bauran pemasaran, agar bisnis ini dapat lebih mudah menentukan target pasar yang akan dituju. Segmen pasar timbul karena adanya permintaan dari konsumen sendiri. Tujuan lain dari segmen pasar adalah

a. Meningkatkan penjualan produk
b. Menguasai pangsa pasar
c. Menciptakan citra pasar
d. Meningkatkan komunikasi dan informasi yang baik.

Dan manfaat yang ditimbulkan dari segmen pasar adalah :
a. Dapat menganalisis pasar
b. Menemukan peluang
c. Menguasai posisi yang superior ( unggul dan kompetitif )
d. Menentukan komunikasi yang lebih efektif dan efisien.

Didalam memasuki pasar, pengusaha harus melakukan survei atau riset pasar terlebih dahulu, agar memudahkan dalam penganalisisan target dan segmen pasar yang akan dituju. Setelah pengusaha melakukan survei pasar maka pengusaha tersebut dapat memposisikan produk yang dihasilkan dengan memperkenalkan keunggulan produk di pasar sesuai dengan target dan segmen pasarnya. Maka didalam sebuah bisnis harus jelas siapa target pasar yang akan dituju serta mempunyai segmen pasar untuk bisa memposisikan produknya kepada konsumen. Bisnis ini dapat memposisikan produk yang ditawarkan kepada konsumen karena memiliki target pasar yang fokus pada anak sekolah (baik SD, SMP maupun SMA),  karyawati dan ibu-ibu, serta mempunyai segmen pasar yang jelas, peluang yang besar, serta strategi pemasaran yang bagus, sehingga produk yang dihasilkan dapat memposisikan dirinya di pasar sasaran.

Tren Perkembangan Pasar
Seorang pengusaha harus mampu melihat trend perkembangan pasar agar pengusaha tersebut mampu memasuki pasar sasaran dengan produk yang berkualitas dan disesuaikan dengan trend perkembangan zaman saat sekarang ini. Inflasi mempengaruhi sebagian dari tingkat pertumbuhan ekonomi dinegara Indonesia. Inflasi adalah peningkatan harga umum dari barang yang diproduksi dalam periode waktu tertentu. Inflasi dapat mempengaruhi biaya operasi perusahaan yang menghasilkan produk karena naiknya biaya barang pasokan dan bahan baku. Disini penulis mendirikan taman bacaan dan online bookstore dengan melakukan pembelian buku di tempat dimana penulis bisa mendapatkan diskon, oleh sebab itu penulis harus bisa menekan akibat meningkatnya inflasi yang berakibat pada kenaikan harga buku. Selain itu selera konsumen dan perubahan perilaku konsumen juga membawa pengaruh yang signifikan didalam perjalanan sebuah produk. 

Oleh:
RITA KOMALASARI.M.Kom

Download Lengkapnya disini


Semoga Bisa Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment