Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 25 April 2016

ARHU Tea

Ringkasan Eksekutif (Executive Summary)

Kombucha adalah sejenis organisme perpaduan antara ragi dan bakteri, disebut juga sebagai scoby. Meskipun demikian, kombucha ini akrab dikenal sebagai sejenis jamur.

Keunikan dari Kombucha adalah bahwa jamur/scoby ini hidup dalam media teh dengan makanan gula. Jika kombucha dimasukkan dalam teh manis, jamur ini akan mengubah teh manis tersebut menjadi produk yang dikenal sebagai teh kombucha.

bisnis planning,business planning

Teh kombucha telah sejak lama dikenal sebagai minuman kesehatan, baik di dalam maupun di luar negeri. Minuman ini dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan.

Meskipun khasiatnya sudah cukup banyak dikenal dari mulut ke mulut, namun ternyata produk teh kombucha sendiri masih sangat jarang di pasar. Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini di antaranya adalah kandungan alkohol yang ada dalam kombucha tea. Selain itu rasanya yang asam sehingga kurang begitu akrab di lidah orang Indonesia.

ARHU tea adalah suatu brand yang memproduksi kombucha tea. Diharapkan produk ARHU Tea dapat menembus rintangan-rintangan tersebut. Dengan melalui serangkaian penelitian diharapkan ARHU tea dapat menjadi suatu produk kombucha tea yang memiliki kandungan alkohol yang rendah dan stabil (jika memang tidak mungkin dihilangkan) dengan rasa yang dapat diterima masyarakat luas. 

Analisis Pasar dan Pemasaran

  • Produk atau Jasa yang Dihasilkan

Produk yang dihasilkan adalah Kombucha tea yang dikemas dalam botol kaca bening. Setiap botol berisi 330mL kombucha tea, dilengkapi dengan tutup botol tersegel dan label ARHU Tea.

  • Gambaran Pasar

Pasar yang dijangkau adalah masyarakat umum, jadi tidak terbatas hanya pada orang-orang yang sudah mengenal produk kombucha tea saja.

  • Target atau Segmen Pasar yang di tuju

Produk ARHU Tea ditujukan pada kelas masyarakat menengah ke atas. Diasumsikan bahwa kalangan menengah ke atas memiliki pemahaman akan kualiitas dan manfaat dari produk Kombucha Tea.

  • Trend Perkembangan Pasar

Saat ini Kombucha tea sudah banyak dipasarkan namun keberadaan produk yang terjamin belum ada. Pasar produk Kombucha sendiri mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan keberadaan Indo Kombucha sejak tahun 2008.

  • Proyeksi Penjualan

Proyeksi penjualan didasarkan atas proses bisnis yang ada : yaitu penelitian, produksi, dan distribusi. Selama proses bisnis berjalan lancar diharapkan penjualan dapat mencapai target.
Produksi dilakukan secara rutin sesuai target produksi 1000L / bulan. Proses fermentasi minimal 14 hari. Kemudian dilakukan tes kualitas (kandungan kadar alkohol dan pH). Setelah produk lulus tes kualitas maka siap untuk dikemas dalam botol 330mL. Selanjutnya produk didistribusikan ke toko-toko kelontong atau apotek atau dikirim via jasa pengiriman. .
Proyeksi penjualan didasarkan pada target konsumen ARHU Tea yaitu kalangan menengah ke atas sehingga harga Rp. 10.000,00 dirasakan cukup sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dengan promosi dan pemasaran memanfaat web, diharapkan hingga 750L dapat terjual.

  •  Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran diutamakan pada pengenalan produk ke pasar terutama untuk memperkenalkan produk ini pada pecinta kombucha tea. Selain itu ARHU Tea akan menyediakan informasi mengenai produk yang lengkap baik dari segi manfaat (dari teh kombucha) maupun keunggulan-keunggulan ARHU Tea dibandingkan dengan kombucha tea produksi lain. Untuk itu interaksi dengan calon pembelli maupun pelanggan harus terbangun dengan baik. Interaksi dilakukan dengan berbagai cara, baik secara langsung maupun tak langsung, baik melibatkan internet atau secara konvensional.
Beberapa strategi pemasaran yang dikembangkan :

Strategi media informasi.

Pembuatan web yang berisi informasi mengenai produk : jaminan bahwa kombucha aman dikonsumsi (ijin depkes dan label halal), kandungan gizi dalam kombucha, dan info ketersediaan produk. Selain itu melalui web disediakan forum di mana pengunjung dapat bertanya informasi seputar produk ARHU Tea maupun berbagi pengalaman dalam mengonsumsi ARHU Tea. Web juga berfungsi sebagai media promosi seperti informasi produk baru maupun event-event yang diadakan oleh ARHU Tea.

Strategi kemasan produk

Produk dikemas sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan yang elegan agar sesuai dengan target pasar kalangan menengah ke atas. Kemasan produk juga memuat sekilas informasi mengenai produk dan link web untuk keterangan lebih lanjut.

Memanfaatkan Event-event berskala besar untuk promosi

Event-event besar seperti pameran atau festival menarik banyak pengunjung sehingga merupakan tempat yang baik untuk promosi produk.

Strategi distribusi.

Diusahakan agar calon pembeli  / pelanggan dapat memperoleh produk dengan mudah. Oleh karenanya ARHU tea akan memanfaatkan baik penjualan secara retail (bekerja sama dengan apotek dan toko kelontong) dan juga penjualan secara online.

  • Analisis Pesaing

Pesaing ARHU Tea adalah Indo Kombucha yang sudah memasarkan produk kombucha teanya sejak tahun 2008. Berikut adalah data-data mengenai Indo Kombucha

Produk
Indo Kombucha dikemas dalam botol plastik (seperti botol aqua) dengan volume 1500  
L (Rp. 25.000) dan volume 330mL (Rp. 5.000). pemesanan online dalam jumlah besar 
dikirim dalam jerigen, kecuali untuk distributor dalam kemasan botol

Promosi
Pemanfaatan media online sebagai FB membantu Indo Kombucha untuk meraih 
konsumen yang lebih banyak. Selain itu FB menjadi media komunikasi pembeli 
dan Indo Kombucha.

Cara memperoleh produk
Produk-produk Indo Kombucha dapat diperoleh dengan membeli langsung ke tempat 
produksi / distributor, memesan secara online (via web/FB maupun telepon), Sampai 
saat ini Indo Kombucha belum dilengkapi dengan keterangan resmi karena belum ada 
penelitian yang dilakukan. Selain itu pemilihan kemasan botol plastik kurang sesuai 
dengan karakter kombucha tea yang bersifat asam karena bisa terjadi reaksi-reaksi 
kimia dan berkesan kurang elegan.

Saluran Distribusi
Saluran distribusi yang dipilih adalah toko kelontong dan apotek. Toko kelontong dipilih 
karena merupakan tempat berbelanja berbagai barang sehingga kemungkinan 
banyak pengunjung toko yang melihat produk dan tertarik untuk mencari tahu mengenai
produk. Apotek dipilih karena merupakan tempat yang sesuai untuk memasarkan 
produk-produk minuman kesehatan.

Download Lengkapnya disini

Oleh : 
HILKIA TEOFILUS NGENDANG 


Semoga bisa bermanfaat...

No comments:

Post a Comment