Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 17 September 2018

Israiliyat...???

Ditengah kaum Bani Israil ada seorang ahli ibadah yang memiliki banyak anak. Keadaannya sangat terjepit dan sering dilanda kelaparan. Istrinya lantas diperintah keluar rumah mencari sesuatu. 

inspirasi,motivasi,islam

Dan ia berkunjung ke saudagar kaya, disana ia meminta sesuatu yang bisa dimakan oleh keluarga, Malah saudagar itu berkata :

"Boleh-boleh saja, asal kamu menyerahkan tubuhmu kepadaku". Seorang istri itu hanya bisa diam. Ia langsung kembali ke rumah, namun di rumah ia mendengar teriakan anak-anaknya; "ibu..... ibu..... kami akan mati karena lapar".

Dia lantas pergi lagi ke saudagar kaya. Ia menceritakan tentang anak-anaknya. Dan saudagar hanya berkata :

"Penuhilah keinginanku."
Terpaksa sang istri mengangguk.
Di saat saudagar berdua denganya, tiba-tiba tubuh sang wanita bergetar hebat. saudagar heran dan bertanya ;
"Ada apa denganmu ! ".
"Sesungguhnya aku takut kepada Allah".
"Dengan keadaan begini masih takut kepada Allah!"

Sementara keadaan dirinya yang kaya raya tidak takut kepada Allah !. Maka ia segera dan menyingkir dari wanita itu. Dan dia membawakan banyak makanan untuk anak-anak wanita tersebut.

Kemudian Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Musa as.

"Berilah kabar kepada si Fulan (saudagar) bahwa Aku mengampuni dosa-dosanya".
Nabi Musa as.pun mendatangi saudagar itu ; "apakah engkau telah mengerjakan suatu kebajikan antara kamu dan Tuhanmu !".

Iapun menceritakan kisahnya dengan seorang wanit. Nabi Musa as kemudian berkata, "Sesunggunya Allah Ta'ala mengampuni dosa-dosamu".(Fill Mujami'il Lathoif).

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda ;

"Sesunguhnya Allah Ta'ala berfirman ; "Tidak Kuberikan kepada hamba-Ku dua perasaan takut dan rasa aman, (kecuali) barangsiapa yang takut kepada-Ku di dunia, maka Aku beri rasa aman di akherat, dan barangsiapa yang meresa sudah aman dari-Ku, maka kelak dia Kuberikan rasa takut di hari kiamat".

Allah SWT berfirman ;

"Maka janganlah kamu takut kepada manusia, namun takutlah kepada-Ku". (QS.5 Al-Maidah:44)

Firman-Nya diayat yang lain :

"Maka janganlah kamu takut kepada mereka, melainkan takutlah kepada-Ku, jikalau kalian benar-benar beriman." (QS.3 Al Imran :175)

Umar ra. pernah jatuh pingsan karena takut kepada-Nya ketika mendengar bagian dari ayat Al Qur'an. Suatu hari iapun pernah mengambil jerami, lantas berkata, "Alangkah beruntungnya aku jikalau dulu aku diciptakan sebagai jerami, bukan mahluk yang disebut-sebut (manusia), dan sangat beruntung bila dulu ibuku tidak melahirkan aku".

Sabda Nabi Muhammad saw ;

"Seseorang tidak akan masuk neraka kalau pernah menangis karena takut kepada Allah, sehingga ada air susu kembali ke bentuk aslinya "

Sumber : Imam Ghazali

No comments:

Post a Comment