Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Tuesday 26 April 2016

Cara Seting Program PHP dan Database MYSQL

Untuk bisa menjalankan program PHP yang sudah saya upload diblog, diperlukan seting database dan file programnya, untuk yang biasa menggunakan PHP saya kira tidak akan mengalami kesulitan. Tetapi saya coba dari awal saja…ya.

Saya akan ambil salah satu contohnya saja karena pada prinsipnya untuk pemrogram web setingannya sama kecuali ASP (active server pages) sedikit berbeda.

1.  Kita harus install program Localhost untuk webserver bisa menggunakan Apache atau XAMPP untuk masalah ini kita pakai XAMPP saja. Saya menggunakan Versi 3.2.1.Proses penginstalannya hampir sama pada umumnya hanya jika ada pertanyaan untuk mengisi password jangan diisi, karena kalau diisi setiap kita akan mengkoneksikan database baru di program PHP harus mengisi passwordnya.

2.  Setelah kita install akan tampak seperti pada gambar berikut :


Kita double Klik, sehingga akan tampil seperti berikut :


Selanjutnya kita klik tombol START untuk Apache dan MYSQL, untuk yang lain tidak perlu kecuali kita akan menggunakannya.


Setalah kita KLIK START akan berubah menjadi STOP, selanjutnya kita close simbol X, walaupun kita CLOSE sebetulnya masih tetap jalan, tampak seperti gambar ICON berikut


3.     Cari folder XAMPP yang ada di directory C, kemudian pilih folder HTDOCS, copy folder program webnya dalam hal ini saya mengambil contoh yang program puskesmas, sedangkan untuk databasenya kita simpan di Folder C:\XAMPP\MYSQL\DATA


    4.    Selanjutnya kita buka browser, disini saya menggunakan Chrome, terlebih dahulu kita test 
         apakah XAMPP sudah aktif atau belum dengan cara mengetikan dialamatnya perintah :    
          localhost/xampp/


Tampak seperti gambar berikut :


Bila tidak tampil seperti gambar diatas, berarti XAMPP belum aktif, selanjutnya untuk melihat database puskesmas sudah aktif atau belum , pilih PHPMYADMIN, maka akan tampil beberapa database kalau kita sebelumnya sudah menyimpan yang lain. Nama database puskesmas adalah Drasticdata, tampak seperti gambar dibawah ini.


5.  Langkah terakhir tinggal memanggil lokasi program Puskesmas denga perintah :
Localhost/puskesmas
Kemudian kita ENTER dan hasilnya seperti pada gambar berikut :


Demikian seting program web yang ada diblog ini khusus untuk PHP, baik di windows XP,Seven, Windows 8 atau 10 prosesnya sama.

Semoga bisa membantu