Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Wednesday 27 April 2016

Business Planning " Mukena Spandek Sutra "

Gambaran Pasar
Fokus penjualan mukena spandek sutera ini adalah ke Pasar Tanah Abang Jakarta. Karena di pasar tersebut merupakan pusat grosir terbaik dan banyak grosir-grosir dari pasar daerah (bahkan dari luar Pulau Jawa) berbelanja ke Pasar Tanah Abang. Selain itu. Mayoritas orang yang berkunjung adalah muslim. Sejak tahun 2008 angka penjualan mukena ini terus mengalami kenaikan sekitar 28% per tahunnya.

bisnis planning,business planning

Target atau Segmen Pasar yang dituju
Segmen pasar Amanda Collection ditujukan pada kaum muslim terutama ibu-ibu muda dan remaja wanita yang berani tampil beda, karena koleksi warna yang disediakan sangat beragam seperti warna putih, hitam, maroon, ungu tua, ungu fanta, kopi, coklat, merah muda, biru muda, dan warna-warna yang cerah. Selain itu juga menyediakan mukena setelan untuk ibu dan anak.

Trend Perkembangan Pasar
Pada setiap kemeriahan menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan momen musim ibadah haji, ternyata Peluang Bisnis Mukena cukup menggiurkan. Salah satunya yaitu bisnis mukena murah yang banyak dicari para konsumen menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ataupun di musim ibadah haji.

Tak bisa kita pungkiri bila kebutuhan perlengkapan ibadah umat muslim seperti mukena, sarung, dan sajadah, selalu mengalami lonjakan permintaan menjelang momen spesial Ramadhan dan Lebaran. Biasanya, beragam jenis mukena mulai diburu para muslimah yang ingin merayakan hari lebaran dengan peralatan ibadah model terbaru.

Dengan melihat peluang tersebut, tentunya trend permintaan pasar akan mukena sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat di Pusat-pusat pasar grosir ternama seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta dan Pasar Baru Bandung. Target pasar yang dibidik adalah para muslimah yang mencari aneka macam mukena dewasa, serta para orang tua yang sedang bingung mencarikan mukena lucu untuk putri tercintanya. 


Proyeksi Penjualan
Proyeksi penjualan mukena spandek sutera ini untuk tahun-tahun mendatang masih cukup menjanjikan. Tetapi hal ini perlu didukung dengan terus menciptakan desain terbaru yang memang diminati oleh konsumen. Apalagi harga mukena dari bahan ini masih banyak yang menawarkan dengan harga tinggi.

Strategi Pemasaran
Amanda Collection akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan.  Hal ini dilakukan agar pelanggan atau konsumen tetap puas dengan produk yang kami tawarkan. Untuk tahun 2012 ini kami mengeluarkan dua buah model baru yaitu mukena dubai dan arofah.

Untuk meningkatkan omset penjualan kami melakukan strategi pemasaran, yaitu pada saat pertama launching, kami mengadakan promosi langsung menawarkan produk ke pedagang grosir di pasar tanah abang Jakarta dan mengikuti bazaar atau pameran. Promosi yang dilakukan berikutnya adalah menghubungi teman-teman terdekat melalui fasilitas SMS dan Blackbery dan jejaring sosial seperti Facebook.

Strategi melalui non online seperti mencetak brosur-brosur yang akan disebarkan ke seluruh pedagang grosir.

Download Lengkapnya disini 

Oleh: Denny.R.,M.Kom 

No comments:

Post a Comment