Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 25 April 2016

Rencana Bisnis Mobile Themes Studio " RIKKYBIOLOGIC"

RENCANA BISNIS
MOBILE THEMES STUDIO “RIKKYBIOLOGIC”

Ringkasan Eksekutif

Mobile Themes Studio “Rikkybiologic” bergerak dalam bidang jasa desain untuk mobile themes. Produk yang dihasilkan adalah themes untuk perangkat mobile dengan Operating System Symbian, Android, dan iOS (iPhone). Melihat perkembangan perangkat mobile begitu pesat serta penggunanya semakin banyak, hal ini menjadi peluang yang cukup besar dalam meraih keuntungan penjualan. Pasar yang dijangkau adalah pasar yang terbatas, yaitu mereka yang memiliki perangkat mobile/handphone berbasis Symbian, Android, dan iOS. Namun, karena proses pemasaran produk melalui website toko/store resmi dari developer Symbian, Android, serta iOS, maka target pasar yang dituju sangat luas, yaitu pengguna perangkat mobile di seluruh dunia.

Pengembangan usaha Mobile Themes Studio “Rikkybiologic” ini memerlukan biaya sebesar Rp41.800.000 dan menghasilkan keuntungan perbulannya sebesar Rp8.494.972 atau Rp101.939.664 per tahun. Adapun masa pengembalian investasi atau Pay Back Periode adalah selama 4,9 bulan. 


bisnis planning,business palnning


Gambaran pasar 


Pasar yang dijangkau adalah pasar yang terbatas, yaitu mereka yang memiliki perangkat mobile/handphone berbasis Symbian, Android, dan iOS. Namun, melihat bahwa perkembangan perangkat mobile begitu pesat serta penggunanya semakin banyak, hal ini menjadi peluang yang cukup besar dalam meraih keuntungan penjualan. Karena proses pemasaran melalui website toko/store resmi dari developer Symbian, Android, serta iOS, maka target pasar yang dituju sangat luas, yaitu pengguna perangkat mobile di seluruh dunia.


Analisis Produksi

Proses Produksi
Proses produksi sebuah themes dari Mobile Themes Studio “Rikkybiologic” diuraikan sebagai berikut:

  • Penentuan tema desain themes yang akan dibuat, meliputi kategori desain, warna, jumlah ikon, serta wallpaper.
  • Pembuatan sketsa awal themes
  • Pembuatan konten themes, berupa wallpaper, ikon, tombol, bar, dan sebagainya. Proses pembuatan konten ini memerlukan software design, diantaranya Adobe Photosop, Adobe Illustrator, Inkscape, CorelDraw, dan Carbide UI.
  • Proses packaging themes melalui aplikasi Carbide UI dan Go Launcher Themes Factory.
  • Uji coba themes yang sudah dipackage di tester device.
  • Jika uji coba selesai, maka dilanjutkan dengan proses upload ke webstore. Proses upload ini memerlukan kelengkapan seperti image screenshot themes.
  • Setelah upload dilakukan, menunggu proses approval dari tim Quality Assurance dari setiap webstore. Jika proses approval selesai, maka themes yang dibuat sudah bisa di beli/di-download di webstore terkait.

Kebutuhan Bahan Baku

Untuk menghasilkan produk themes ini tidak membutuhkan bahan baku, tetapi hanya 
software komputer pendukung saja.

Rencana Pengembangan Produksi
Rencana pengembangan produksi yang akan dilakukan adalah pengembangan variasi dan jumlah themes. Misalnya, jika sekarang produksi hanya pada kategori desain tema pemandangan dan abstrak, maka kedepannya produksi bisa dikategori untuk tema tim sepakbola, grup musik, film, dan kartun. Adapun untuk jumlah themes, rencana yang mungkin dilakukan adalah penambahan jumlah produksi per bulannya.

Perluasan Produk
Dikarenakan produk yang dihasilkan sudah mencakup Operating System yang cukup besar dan terkenal, perluasan produk tidak terlalu difokuskan. Namun, ada peluan untuk membuat themes bagi Operating System Blackberry. Meskipun peluang pasar internasional kurang cukup besar karena penggunanya tidak terlalu banyak, namun di Indonesia sendiri, pengguna Blackberry yang cukup banyak bisa menjadi pasar yang cukup menjanjikan.

Analisis Sumber Daya Manusia (SDM)
Analisis kompetensi SDM
Kompetensi SDM yang di butuhkan adalah sesuai dengan tujuan serta proses bisnis pada Mobile Themes Studio “Rikkybiologic” ini. Hanya ada 2 (dua) jenis kompetensi yang di butuhkan, yaitu sebagai berikut:

Kompetensi pimpinan sebagai penggagas, kompetensi strategi, pemasaran & proses bisnis produksi Mobile Themes Studio “Rikkybiologic” ini. Kandidat harus memahami aspek desain dan kemampuan mengorganisir karyawan.

Kompetensi Staff, terkait dengan kegiatan operasional, maka di perlukan kompetensi setingkat SMA sampai dengan Diploma 3 bidang Desain Grafis.

Rencana Pengembangan Usaha
Rencana pengembangan usaha
Pengembangan usaha terkait penambahan jenis usaha di luar bisnis inti Mobile Themes Studio “Rikkybiologic”. Tetapi masih ada hubungan dengan bisnis inti. Bisa di pertimbangkan pengembangan usaha sebagai berikut:

  • Jenis usaha desain cetak. Jenis usaha ini masih terkait dengan bisnis inti yaitu jasa desain. Jasa desain cetak yang bisa dilakukan, misalnya cetak kartu undangan, kartu nama, spanduk, brosur, banner, cover buku, dan sablon kaos.
  • Jenis usaha webdesign. Masih terkait dengan bisnis inti desain, bisa dikembangkan usaha untuk jasa pembuatan web bagi perusahaan nasional maupun internasional. Strategi pemasaran yang bisa dilakukan melalui media internet

Download Lengkapnya disini

Oleh :
RIKKY FIRMANSYAH, M.Kom

Semoga bisa bermanfaat..

No comments:

Post a Comment