Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 25 April 2016

POPKIN Process


Zachman Framework bukanlah sebuah metodejuga bukan sebuah spesifikasi untuk notasi diagram yang harus digunakan untuk menangkap informasi pada berbagai tahapanZachman Framework hanyalah sebuah kerangka yang sangat penting untuk mengetahui berbagai informasi yang perlu dikumpulkan tentang bisnis dan sistem secara keseluruhan, untuk mengklasifikasi informasi, dan untuk melihat bagian-bagian yang berbeda dari suatu perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, pada dasarnya dalam pengembangan arsitektur informasi perusahaan dengan menggunakan Framework Zachman diperlukan sebuah metodologi pendukung untuk mengembangkan arsitektur enterprise, pada penelitian ini penulis akan menggunakan Popkin Proces sebagai metodologi pengembangan arsitektur enterprise.
Popkin Process
Menurut Dimyati menyatakan bahwa:
Popkin proses merupakan suatu pedoman untuk membangun sistem-sistem perusahaan dengan menggunakan System Architect. Pedoman ini berisi suatu seperangkat skenario atau pre-defined process berupa tahapan-tahapan proses yang terstruktur (road map) untuk menggunakan framework.
(Dimyati. 2008:4)

Sedangkan menurut Minoli menyatakan bahwa:
“Tool that integrates business and process modeling with an enterprise development environment; allows the integrating business strategy, business analysis, system analisis, and system design techniques, leading to automatic code generation (UML and XML)”.
(Minoli. 2008:137)

dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa popkin process adalah merupakan suatu pedoman atau alat untuk membangun sistem perusahaan yang mengintegrasikan bisnis dan pemodelan proses dengan lingkungan pengembangan usaha, strategi bisnis, analisis bisnis, analisis sistem, dan teknik desain sistem dengan menggunakan arsitektur sistem yang berupa tahapan-tahapan proses yang terstruktur dengan mengarah ke kode generasi otomatis.

Peran Kerangka Arsitektur Enterprise di sisi lain adalah untuk menyediakan struktur logis untuk mengklasifikasikan dan pengorganisasian representasi deskriptif suatu perusahaan.Kerangka Enterprise Architecture Popkin didasarkan pada kerangka Enterprise Architecture Zachman tetapi menggunakan diagram dan definisi Popkin Software Enterprise sebagai alat pemodelan (System Architect), dengan mengabungkan bisnis, obyek,proses dan model data menjadi satu produk dengan repositori tunggal. Popkin Enterprise Architecture Framework akan berfungsi sebagai dasar untuk menghubungkan sel-sel dalam kerangka kerja, menggunakan kerangka kerja untuk mengungkapkan arsitektur enterprise, memilih alat dan kapan menggunakannya, dan bagaimana untuk menghasilkan desain dan kiriman yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis. (paper popkin software).

Pemetaan popkin process dapat digunakan sebagai semacam pick-list ketika memutuskan alat apa yang akan digunakan dari System Architect untuk mencapai hasil yang diinginkan dari suatu proyek tertentu, hal ini  dapat dilihat  pada gambar 1.

Gambar 1
Peta Diagram dan Definisi Dari System Architect yang sesuai dengan Zachman Framework (paper popkin software. 25)

Pemetaan popkin process dapat didefinisikan sebagai berikut:
1. Baris 1 berisi definisiDefinisi ini bukan daftar lengkap, namun dimaksudkan untuk menjadi indikasi jenis definisi dalam System Architect yang akan berlaku dalam sel.
2.     Baris 23dan 4 berisi diagramTidak semua diagram diwakili. Kecuali Semua diagram non-UML Objet Oriented.
3.      Baris 5 berisi kode atau produk lain yang dihasilkan oleh System Architect untuk sel tersebut.
4.      Baris 6 mewakili perusahaan yang berjalan, basis dataprogramdan lain-lain.
5.      Arus data. Berarti semua diagram arus data kecuali Ward & Melloryang ditangani secara khusus.
6.      Kata yang dicetak miring menunjukkan diagram yang akan muncul di lebih dari satu sel dalam satu barisIni akan menunjukkan diagram yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh lebih dari satu fokus dalam baris. (paper popkin software. 24)
peran proses, khususnya popkin process adalah untuk menentukan subset yang tepat untuk proyek tertentu atau domain masalah dan untuk menentukan bagaimana menerapkan alat dan teknik yang terkandung dalam sel untuk memenuhi kebutuhan  khusus.


Popkin Process merupakan satu set skenario dari Kerangka Arsitektur Enterprise untuk mencapai tujuan tertentu. Skenario ini disajikan bersama sesuai dengan sub-set dari Framework dan model yang sesuai untuk digunakan dalam setiap sel,  serta sebuah diagram bagan proses yang menunjukkan bagaimana model yang dibangun dan hubungan mereka satu sama lain. Sekenario popkin process dapat dilihat sebagai berikut:
1.      Konteks
Pada tahapan ini fokus kepada mendokumentasikan proses bisnis dan mengidentifikasi kebutuhan bisnis berdasarkan pemahaman tentang proses bisnis.
2.      Tujuan
Pada tahap ini digunakan untuk memahami kebutuhan bisnis dan persyaratan aplikasi.
3.      Pra-kondisi
Tahap ini adalah mengidentifikasi kebutuhan untuk sistem baru untuk mendukung proses bisnis yang ada.
4.      Post-conditions
Tahap ini menentukan aplikasi yang mendukung proses bisnis yang didefinisikanModel proses bisnis dan desain aplikasi
5.      Asumsi
a.   Apa (what). Merupakan aplikasi yang sudah ada dan database. Database berisi informasi bisnis di mana aplikasi akan beroperasiIdentifikasi Apa yang pada Lingkup dan tingkat perusahaan tidak perlu karena ruang lingkup aplikasi ini tidak dimaksudkan untuk mengubah.
b.   Dimana (where)Dikenal dan tetapHal ini implisit dalam konteks ini.
c.   Siapa (who). Dikenal dan tetap di semua tingkatanNamun, hal ini berguna untuk model dari sudut pandang aplikasi.
d.   Kapan (when). Perilaku dinamis dari sistem tidak cukup kompleks untuk menjamin pemodelan.
e.   Bagaimana (how). Adalah fokus tingkat tinggiPeta proses yang ada untuk memperoleh pemahaman tentang konteks (proses bisnis) di mana aplikasi yang akan digunakan dan bagaimana akan digunakan.
dari sekenario tersebut dapat di gambarkan framework dan diagram yang menunjukkan aliran proses untuk membangun bisnis proses dengan mengguakan Object Oriented systemDengan kata lainsistem ini didorong oleh kebutuhan bisnis proses dan persyaratan didokumentasikan dan digunakan untuk mendorong desain dan pengembangan sistem yang dihasilkan. Hal ini dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2 .Diagram Aliran Proses dalam Popkin Proces (paper popkin software. 29)

Popkin Enterprise Architecture Tools merupakan alat untuk digunakan dalam system architect untuk membantu dalam membuat model untuk Arsitektur Enterprise dimana akan menghasilkan sebuah roadmapSecara garis besar sekenario popkin proces dapat dilihat pada gambar 3 Pada gambar 3 memperlihatkan roadmap dengan memodelkan data berada di level kontekstual (scope), level konseptual (enterprise model), level logikal (system model) perspektif perancang sistem informasi dan level fisikal (technology model) dilakukan pemetaan objektif perusahaan ke persyaratan perancangan dan memberikan pendefenisian terhadap jaringan arsitektur perusahan yang terdistribusi.

Gambar 3. Sekenario Popkin Proces Sebagai Road Map (Paper Popkin Software. 30).



Semoga Bisa Bermanfaat. Terima kasih - Mr.Dicsr

No comments:

Post a Comment