Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Sunday 17 April 2016

ASP ( Active Server Pages )




ACTIVE SERVER PAGES

Active Server Pages atau ASP adalah teknologi server-side yaitu proses yang diminta (request) oleh client akan di proses dalam server dan hasil proses dikembalikan berupa HTML murni. Sedangkan kode ASP nya tersembunyi rapi dan terbebas dari sentuhan tangan-tangan yang kurang bertanggung jawab. ASP bersifat browser independent yang artinya dapat dijalankan oleh browser apapun.

Dengan ASP, developer akan mendapatkan kemudahan dalam membuat aplikasi web. Pilihan bahasa skrip yang digunakan adalah VBScript dan JavaScript (Jscript) sebagi default.

Bukan hanya kemudahan saja yang membuat ASP saat ini dipakai oleh banyak web developer diseluruh dunia. ASP merupakan bagian dari active platform yang berbasiskan teknologi Component Object Model (COM). Dengan teknologi ini, ASP menjadi sangat efisien dalam segi konektivitas maupun penanganan aplikasi untuk transaksi yang jumlahnya sangat banyak. Hal ini dimungkinkan dengan pemakaian Microsoft Transaction Server (MTS).

Keuntungan ASP lainnya adalah dukungannya terhadap server component. Dengan server component, developer dapat membuat aplikasi activeX dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Visual Basic, Delphi, C++, Java dan kemudian menjalankannya di ASP anda. ASP berisi sekumpulan skrip yang terlebih dahulu yang akan diproses di server sebelum dikirimkan ke client. Client hanya akan menerima dalam bentuk HTML.

Yang biasanya kita katakan sebagai halaman ASP, sebenarnya terdiri dari 3 bagian : 

ASP object. Sebenarnya yang dinamakan ASP adalah object, atau lebih tepat Component Object Model (COM), bukan bahasa pemrograman yang sering kita lihat. ASP dikembangkan di atas dasar ISAPI (Internet Server Aplication Interfacing). ASP hanya terdiri dari 6 (enam) object yang sangat sederhana, tetapi karena digabungkan dengan struktur teknologi Microsoft lainnya, object ini menjadi sangat berguna. Keenam object tersebut adalah Aplication, Session, Response, Request, Server dan ObjectContext.

Bahasa Scipting, VBScript dan Jscript dimana VBScript sebagai bahasa standar. Dalam bahasa scripting inilah object-object ASP dimanipulasi sesuai dengan yang kita kehendaki.

ActiveX Server Component. Object ASP hanyalah perekat antara halaman HTML dengan program yang berada di server. Bahasa scripting hanya digunakan untuk membuat alur logika yang diperlukan. Untuk masalah akses ke database, akses ke program lain dan sebagainya, maka diperlukanlah ActiveX Server Component. ActiveX Server Componet ini sering dipakai dalam halaman ASP seperti ini :


Set Conn = Server.CreateObject(“ADODB.Connection”)

Perintah di atas membuat server memanggil ActiveX Server Component yang bersangkutan. ActiveX Server Component ini dapat dibuat dengan banyak bahasa pemrograman, Contohnya Visual Basic, Visual C++, Delphi, Java.

Dengan adanya ketiga bagian di atas, sebuah halaman ASP bisa menjalankan program-program yang sangat rumit di server. Inilah yang menjadi keunggulan ASP yang terutama. Biasanya kita sering melakukan akses database dengan ADODB, mengirim e-mail dengan CDONTS, tetapi ASP juga bisa melakukan hal lain yang jauh lebih rumit dengan komponen yang kita buat sendiri. Semuanya ini didasarkan dari teknologi Component Object Model (COM). Dengan adanya teknologi ini dalam halaman web dapat diisikan HTML tag, ASP Script, panggilan ke komponen di server. Kombinasi ini menghasilkan aplikasi web yang canggih.

STRUKTUR FILE ASP 
Terdapat dua elemen yang sangat penting di dalam ASP. Elemen pertama adalah skrip yang digunakan untuk menulis program dan elemen kedua adalah HTML yaitu HTML yang harus dihasilkan dari ASP yang kita buat.

<html>
<head>
<TITLE> Contoh </TITLE>
</head>
<body bgcolor=”#FFFFFF”>
Hari ini adalah <%=now%> dan semuanya baik-baik saja <br>
<%if hour (now())>13 THEN%>
Selamat Pagi
<%ELSE%>
Selamat Siang!
<%ELSE%>
</body>
</htm>

Aplikasi Web yang bisa ditangani dengan ASP

  1. Penanganan database lewat web : Kemampuan penanganan database lewat web bisa kita gunakan untuk membuat berbagai aplikasi antara lain :
  2. Free advertisement classfieds seperti iklan baris, homepage lelang.
  3. Search engine seperti Yahoo, Altavista, catcha.
  4. Program mail melalui web seperti Hotmail, Bolehmail, Eudoramail.
  5. Web Forum yaitu aplikasi forum komunikasi lewat web. Biasanya digunakan untuk menyimpan data-data mailing list.
  6. Web News yaitu aplikasi pengiriman berita lewat web. Aplikasi ini biasa dipakai oleh Majalah, Tabloid, Koran untuk melakukan update informasi berita.
  7. Remote File Manager yaitu aplikasi pengaturan direktori dan file lewat web (web base application) seperti upload download file. Aplikasi ini biasa dipakai oleh web hosting.
  8. Aplikasi administrasi kemahasiswaan. Penulis pernah melihat aplikasi ini digunakan di sebuah PTS, untuk memudahkan mahasiswa mendaftar/mengambil mata kuliah, melihat jadwal kuliah sampai nilai dari mata kuliah yang semua informasi tersebut di publish lewat web.
  9. E-Commerce : Perdagangan atau transaksi bisnis menggunakan kartu kredit lewat internet.
  10. Banner Rotator : Menampilkan banner/iklan yang berganti-ganti yang dapat ditampilkan secara randomize ataupin schedulling.
  11. Pengiriman e-mail lewat web.



OBJECT ASP

1. Request Object

Request object, kebalikan dari response, melakukan pengambilan data dari client untuk diproses lebih lanjut.

2. Response Object

Response object ini sangat penting dan pasti akan dipakai sepanjang kita memakai ASP. Response, sesuai dengan namanya, akan mengirim data yang kita mau ke client. Kebalikannya dengan request, yang akan mengambil data dari client.

3. Server Object 

Server object dapat melakukan akses ke methods atau properties yang ada di server.

4. Aplication Object

Object aplication bekerja pada level aplikasi web. Level aplikasi ini belum aktif pada saat web server diaktifkan. Namun aktif saat user pertama meminta layanan pada web server pada satu virtual map.

5. Object Session

Object Session bekerja pada level session web yang dimaksud dengan level session adalah saat client meminta layanan dari aplikasi web, web server akan membuat satu session untuk user tersebut. Lingkungan session dapat dipakai untuk berbagai informasi antara halaman web satu dengan yang lainnya sebatas dalam satu user.

RANTAI PROSES ACTIVE SERVER PAGE (ASP) 



Langkah 1 : Melaui browser, request form halaman ASP
Langkah 2 : Server mengirim ASP ke ASP Engine
Langkah 3 : ASP Engine melaksanakan (execute) Server Side Script
Langkah 4 : ASP engine memanggil Object COM (jika ada)
Langkah 5 : Object Com melaksanakan fungsinya dan mengembalikan ke ASP Engine
Langkah 6 : ASP Engine mengembalikan hasil berupa HTML ke server.
Langkah 7 : Server meneruskan hasil HTML ke browser

Download program Shopping Cart dengan ASP : 
http://www.mediafire.com/download/70ykutxmuwwjtn6/Swalayan.rar

source code

No comments:

Post a Comment